Jual Genset – Salah satu benda yang sangat rawan terkena korosi atau karatan adalah genset. Pasalnya body genset memang dilapisi dengan bahan yang mudah berkarat. Beberapa bahan yang mampu membuat benda berkarat lebih cepat adalah alumunium dan logam. Peristiwa korosi adalah akibat dari adanya interaksi suatu zat dengan benda yang ada disekitarnya. Misalnya adanya udara dan air yang bersentuhan langsung dengan benda yang mengandung beberapa bahan mengandung logam atau alumunium maka akan menyebabkan timbulnya senyawa baru yang asing.

Senyawa asing yang timbul pada benda tersebut biasnya berwarna cokelat agak kemerah-merahan, memiliki sifat yang padat namun mudah rapuh. Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa genset merupakan salah satu benda yang gampang terkena korosi atau karatan. Dan tentu saja hal tersebut bukanlah hal yang bagus karena dengan demikian maka genset akan mengalami beberapa masalah. Berikut ini adalah beberapa cara pencegahan agar genset Anda tidak mudah berkarat.

1. Jangan Menyimpan dan Meletakan Genset Pada Tempat Yang Lembab dan Basah
Tempat basah dan lembab adalah salah satu tempat yang paling cepat memicunya terjadi korosi. Kita tahu bahwa genset terbuat dari bahan-bahan logam dan alumunium sehingga jika berinteraksi dengan air dan udara secara langsung apalagi dalam waktu yang lama maka dipastikan genset tersebut akan mengalami karatan. Maka dari itu jika ingin genset Anda memiliki umur pemakaian yang lama maka simpanlah di tempat yang kering. Tidak hanya mempercepat proses karatan, tempat basah juga merupakan tempat yang cukup berbahaya untuk genset. Pasalnya tempat basah bisa menimbulkan masalah besar berkaitan dengan tegangan listrik yang tinggi.

2. Menjaga Kebersihan Mesin
Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah karatan pada genset adalah melakukan perawatan mesin. Jangan menganggap sepele hal ini karena beberapa hal seperti tumpahan bahan bakar, tunpahan oli, dan juga cipratan air adalah beberapa hal yang bisa memicu terjadinya karatan. Idealnya Anda harus membuat jadwal yang konsisten untuk membersihkan genset agar genset bisa selalu dalam keadaan baik.

3. Mengganti Sparepart Mesin
Memperhatikan kondisi sparepart juga merupakan hal yang harus dilakukan. Jika Anda tidak melakukannya maka sparepart yang karatan lama kelamaan akan semakin parah dan membuat benda-benda yang ada disekitarnya juga ikut berkarat. Selain itu jika membiarkan sparepart karatan tetap dalam bagian genset hanya akan membuat genset mengalami kerusakan. Hal fatalnya sampai membuat genset tidak lagi bisa digunakan.

4. Jangan Menyimpan Genset Dibawah Paparan Sianar Matahari Secara Langsung
Sama seperti halnya air, sinar matahari juga bisa menyebabkan masalah karatan pada genset. Pada awalnya paparan sinar matahari akan memudarkan warna genset, namun lama kelamaan akan menyebabkan korosi.

5. Jauhkan Genset Dari Air Hujan
Harus Anda ketahui bahwa air hujan merupakan salah satu hal utama dan paling tepat yang bisa menimbulkan masalah karatan apa benda-benda yang terbuat dari logam atau aluminium, dan genset adalah salah satunya. Maka dari itu sangat disarankan untuk menyimpan genset di tempat yang tertutup namun tidak lembab, dan aman dari paparan sinar matahari secara langsung serta percikan air hujan.

6. Perhatikan Bahan Bakar Yang Digunakan
Salah satu bagian genset yang sangat sering ditemui mudah berkarat adalah bagian tengki. Mengapa tengki bahan bakar bisa mudah berkarat? Hal ini karena kebanyakan pemiliki genset membiarkan bahan bakar terus tersisa di dalam tengki. Padahal idealnya adalah menggunakan habis bahan bakar saat pemakaian.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada kenyataannya genset memang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu bagi Anda yang ingin memiliki genset segera hubungi distributor yang jual genset di kota Anda.