Berbagai Macam Jenis dan Fungsi Genset

Seiring berkembangnya zaman, keberadaan Genset memang sangat dibutuhkan. Apalagi saat kebutuhan akan listrik semakin meningkat. Sayangnya, hal ini tidak diikuti dengan banyaknya sumber listrik atau pembangkit energi listrik dan kesadaran masyarakat untuk menghemat listrik masih sangat kurang. Selain itu, listrik belum sepenuhnya merata masuk ke wilayah-wilayah di Indonesia.

Sebetulnya terdapat dua kelompok listrik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, yaitu energi listrik yang tidak dapat diperbaharui dan dapat diperbaharui. Energi yang tidak tidak dapat diperbaharui adalah sumber energi yang berasal dari dalam bumi, seperti di antaranya yang bersumber dari minyak bumi, batu bara, hingga tenaga nuklir. Semakin lama ketersediaannya akan semakin menipis dan habis. Keberadaannya bahkan kerap merusak lingkungan.

Sedangkan, energi yang dapat diperbaharui adalah sumber energi yang berasal dari alam, yaitu dengan memanfaatkan apa yang ada di alam, di antaranya tenaga surya, tenaga angin, tenaga air, hingga gelombang laut. Sampai kapan pun ketersediaannya tidak akan pernah habis. Sayangnya, energi yang dapat diperbaharui ini berlum dimanfaatkan secara maksimal di Indonesia, hanya beberapa daerah saja yang sudah secara mandiri memanfaatkannya.

Sehubungan belum dimaksimalkannya pemanfaatan teknologi tersebut, maka kerapkali masyarakat alami pemadaman listrik secara bergilir atau pemadaman secara mendadak. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu aktivitas masyarakat, apalagi utuk perusahaan-perusahaan besar yang sepanjang hari menggunakan listrik besar. Penggunaan mesin Genset bisa menjadi solusinya.

Anda tentu kerap mendengar istilah Genset. Genset merupakan singkatan dari asal kata Generator Set atau satu set pembangkit listrik. Genset adalah satu set perangkat untuk memproduksi energi listrik yang berasal dari sumber energi mekanik, biasanya digunakan dengan cara induksi elektromagnetik.

Dalam satu Genset terdapat dua jenis perangkat berbeda, yaitu mesin dan generator. Karena hal inilah penamaannya disebut Generator “Set” atau disingkat Genset. Mesin di dalam Genset berfungsi sebagai pemutar generator itu sendiri, sehingga menghasilkan induksi elektromagnetik untuk menghasilkan energi listrik.

Jenis-jenis Genset Berdasarkan Bahan Bakarnya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Genset berfungsi seagai penghasil energi listrik untuk menggantikan energi listrik yang terputus atau untuk beberapa wilayah yang belum masuk listrik. Berikut ini beberapa jenis Genset yang dibagi berdasarkan bahan bakarnya, yaitu sebagai berikut:

  • Mesin Genset Bensin

Genset ini biasa disebut Gasoline Generators karena memang Genset ini menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Genset bensin terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe 2 tak dan 4 tak. Genset 2 tak biasnya digunakan untuk kebutuhan listrik di bawah 1000 watt, sedangkan Genset 4 tak lebih variatif dengan kapasitas maksimal 10 kW atau setara dengan 10.000 watt. Genset ini paling sering digunakan.

  • Mesin Genset Diesel/Solar

Bahan bakar yang digunakan pada Genset ini berasal dari solar dan mampu menghasilkan daya listrik yang cukup besar, yaitu sekitar 10.000 hingga 100.000 watt. Karenanya, Genset ini biasa digunakan untuk acara besar, seperti hajatan, pentas seni, dan sebagainya.

  • Mesin Genset Gas

Mesin Genset ini menggunakan bahan bakar gas untuk menyalakannya, baik LPG (Liquid Petroleum Gas) maupun CNG (Compressed Natural Gas). CNG biasanya digunakan pada gedung-gedung besar atau industri karena digunakan dalam jangka waktu yang relatif panjang. Selain itu, instalasinya cukup rumit menggunakan pipa-pipa permanen dan pembiayaannya yang sangat mahal. Karenanya, untuk Genset rumahan biasanya hanya menggunakan LPG.

  • Mesin Genset Tenaga Surya

Seperti namanya, bahan bakar Genset ini adalah tenaga matahari dan biasanya hanya digunakan di rumah-rumah atau di tempat-tempat komersil yang tidak membutuhkan daya listrik besar. Karena penggunaannya biasa untuk alat-alat elektronik, seperti pendingin ruangan, pemanas air, listrik, dan sebagainya. Jenis Genset ini biasa diletakkan didekat panel surya.

  • Mesin Genset Turbin

Genset ini memiliki daya listrik yang amat sangat besar, karenanya sudah dapat dikategorikan sebagai power generator. Genset Turbin memiliki kapasitas paling besar, yaitu 2 MW atau setara dengan 2.000.000 watt. Genset Turbin umumnya difungsikan untuk menerangi hingga 1 kota kecil. Ada beberapa jenis Genset Turbin, yaitu turbin angin, uap, hingga air.

  • Mesin Genset Urine

Mesin Genset Urine bisa dikatakan masih tergolong baru. Saking dibutuhkannya listrik untuk kehidupan, masyarakat juga turut berinovasi dengan Genset. Genset Urine ini diformulasikan oleh 4 pelajar cerdas asal Afrika. Mereka adalah Duro-Aina Adebola (14), Akindele Abiola (14), Faleke Oluwatoyin (15), dan Bello Eniola (15). Sesuai dengan namanya, keempat anak ini memang manjadikan Urine sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik yang bisa digunakan dalam jangka pendek, yaitu selama 6 jam.

Terdapat beberapa merek Genset unggulan yang bisa dipilih untuk digunakan sebagai pengganti energi listrik yang terputus, yaitu:

  • Genset Honda

Honda sudah dikenal sejak lama sebagai produsen otomotif handal. Tak hanya itu Honda juga rupanya memiliki produk Genset dengan kapasitas 700 hingga 10.000 watt. Genset Honda berbehan bakar bensin yang dibanderol dengan harga yang variatif dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

  • Genset Doosan

Doosan adalah perusahaan Genset asal Korea yang telah berdiri sejak 1896. Doosan menyediakan Genset dengan daya bervariasi, ada yang 60 kVa hingga 750 kVa. Genset Doosan dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe open dan tipe silent. Keunggulan Genset Doosan adalah mesinnya yang cukup handal dan tangguh.

  • Genset Lovol

Genset Lovol memiliki kapasitas mesin 135 kVa dengan GAC untuk pengaturan sistem injeksi pump. Meski masih cukup noise, namun Genset ini memiliki kualitas yang baik dari segi performa. Harga yang dibanderol juga cenderung lebih murah. Genset Lovol bisa dugunakan untuk kebutuhan daya listrik yang tidak terlalu besar.

  • Genset Cummins

Clessie Cummins adalah Bapak Diesel di Amerika Utara yang mencetuskan energi listrik dari diesel ini. Kekuatan Genset Cummins cukup tinggi dan tidak menghasilkan suara mesin yang membuat bising. Kapasitasnya beragam, mulai dari 10 kVa hingga 1000 kVa. Namun, yang banyak beredar di Indonesia adalah Genset Cummins 250 dan 350 kVa. Karena dayanya yang cukup besar, Genset ini biasa digunakan untuk pabrik, kapal, sekolah, perhelatan besar, hingga industri. Genset Cummins memiliki kualitas mesin dan performa yang baik, serta ramah lingkungan.

  • Genset Yanmar

Yanmar merupakan merk Genset Diesel kenamaan asal Jepang yang sangat dikenal dengan keunggulannya, yaitu tidak berisik saat dinyalakan. Kapasitas Genset ini mulai dari 10 kVa, hingga 50 kVa.

  • Genset Isuzu Foton

Genset Isuzu Foton cukup terkenal dengan kualitas material yang sudah standard Jepang yang sangat awet dan tahan lama. Terbuat dari bahan berkualitas yang tahan dimakan usia, sehingga memudahkan Anda melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala. Kapsitas Isuzu Foton cukup beragam, ada yang 25 kVa, 30 kVa, hingga 40 kVa.

Post author

Leave a Reply