Tips Memilih Genset yang Bagus

‎‎Bicara soal Genset, banyak merek-merek Genset yang beredar di Indonesia, mulai Genset buatan Eropa, Jepang, India dan yang pasti buatan China‎.Saking banyaknya merek di pasaran, terkadang membuat kita bingung untuk menentukan pilihan.

Sebagai penjual Genset, disini penulis ingin membagikan trik dan tips untuk menentukan merek Genset yang bagus dan sesuai kebutuhan.disini saya akan coba menjabarkannya dengan rinci dan jelas.

1. Genset buatan Eropa/Jepang?

Genset asal Eropa atau Jepang sudah pasti bagus?. Biasanya Genset buatan Eropa/Jepang memang dibuat dengan material yang lebih baik dan dikhususkan untuk pemakaian jangka panjang, tapi disamping itu Genset Eropa/Jepang juga memiliki kekurangan, selain harganya yang tinggi, saya sering menemukan kasus dimana pemakai Genset buatan Eropa atau Jepang kesulitan mencari suku cadang, bahkan ada yang harus inden sampai berbulan-bulan sedangkan selama menunggu suku cadangnya, Gensetnya tidak bisa digunakan. Mungkin hal ini dikarenakan harga Genset yang tinggi membuat Genset Eropa/Jepang sepi pembeli, populasinya yang sedikit membuat penjual Genset dan penjual suku cadang berpikir dua kali untuk menyediakan stock suku cadangnya.

2. Genset buatan China

Semua pasti tau keunggulan barang produksi Cina ada pada harganya yang murah, tapi kualitasnya?Di negara Cina, pemerintahnya ikut mendukung industri dalam negeri,  sudah banyak juga pabrik-pabrik besar di Cina yang mendunia, biasanya barang-barang yang diproduksi pabrik-pabrik tersebut menggunakan teknologi yang diadopsi dari Eropa/Jepang juga, tentunya tidak akan jadi masalah jika anda membeli produk asal pabrikan yang jelas asal Cina, yang jadi masalah adalah berkat dukungan pemerintahnya, industri skala rumah tangga di Cina juga ikutan berkembang, sehingga banyak Genset-Genset yang diproduksi dalam skala rumah tangga, lebih gawatnya lagi, banyak beredar juga Genset rebuild/rekondisi hasil buatan rumah tangga ini, kualitasnya? Soal kualitasnya bisa dibilang untung-untungan, toh pembuatan Genset skala rumah tangga tersebut juga tidak didukung fasilitas dan quality kontrol yang memadai jika dibandingkan dengan pabrik.

Sebagai penjual Genset saya lebih menyarankan anda membeli Genset buatan China, disamping harganya yang murah, kualitasnya juga boleh diadu dengan Genset buatan Eropa/Jepang, tentunya dengan catatan genset buatan cina yang Anda beli adalah buatan pabrikan resmi yang jelas asal usulnya. Coba tanyakan kepada penjual tentang asal usul Genset tersebut, Mintalah kepada penjual untuk memberikan gambaran mengenai produsennya, tanyakan bagaimana layanan purna jualnya dan usia pemakaian mesin tersebut, jangan lupa tanyakan juga bagaimana Cara merawat genset tersebut, karena sebagus apapun genset kalau tidak dirawat ya pasti akan cepat rusak juga, jika anda masih bingung, cobalah untuk mencari merek-merek Genset yang namanya sudah mendunia, tetapi yang diproduksi di cina.  Biasanya produsen cina bekerja sama dengan perusahaan terkenal skala international untuk mendapatkan lisensi atas produknya, tentu harganya sedikit lebih mahal, namun kelebihan dari genset yang diproduksi dibawah lisensi adalah proses produksi dan penggunaan materialnya diawasi langsung oleh pemberi lisensi, sehingga lebih terjamin kualitasnya. Jadi..pilih yang mana?.‎

Leave a Reply